Inilah Jenis dan Fungsi Kain Yang Sering Digunakan, Namun Jarang Yang Mengetahui

1
Dalam hidup sehari-hari, manusia tidak akan lepas dari kain. Seperti yang sudah anda ketahui, kebutuhan utama manusia adalah Sandang, Pangan dan Papan. Dalam hal ini sandang yang paling utama adalah salah satu produk kain. Baju yang anda kenakan saat ini, celana, rok dan lain sebagainya. Itu semua adalah produk kain, meskipun anda tidak tahu pasti jenis kain tersebut.
Sebenarnya ada banyak sekali jenis kain yang ada saat ini, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itu kemudian masing-masing jenis kain memiliki fungsi yang berbeda. Untuk memahami lebih jauh tentang jenis dan fungsi kain, di bawah ini adalah beberapa jenis dan fungsi kain yang sering digunakan.
Kain Kanvas
Kain kanvas adalah salah satu jenis kain dengan serat yang tebal. Kebanyakan orang mengenal kanvas adalah media lukisan. Hal ini memang benar, kain kanvas sangat cocok untuk media lukis. Namun meski begitu kanvas adalah jenis kain bukan kertas.
Dalam perkembangannya, kain kanvas banyak digunakan sebagai bahan sepatu, tas, jaket, bahkan payung taman ataupun terpal. Kanvas adalah jenis kain yang kuat dan juga memiliki ketebalan yang cukup baik. Sehingga kain kanvas bisa di eksplorasi menjadi berbagai hal yang menarik.
Cotton Combed
Anda pasti sering menjumpai kata Cotton Combed, ini adalah salah satu jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan kaos. Pada saat anda sedang mencari kaos, anda akan sering menemukan kaos dengan bahan Cotton Combed.
Jenis kain Cotton Combed juga dibedakan lagi menjadi beberapa jenis. Perbedaan ini hanya terkait ketebalan kain saja. Di bawah ini adalah beberapa jenis kain Cotton Combed.
Cotton Combed 20
Angka 20 pada jenis kain ini menjadi pembeda di antara kain Cotton Combed yang lainnya. Ini adalah perbedaan benang yang digunakan pada saat perajutan menjadi kain. Untuk Cotton Combed 20 akan menghasilkan kain dengan gramasi 180 – 220 gr/m2 untuk rajutan jenis tunggal. Kain ini biasanya digunakan untuk pembuatan kaos.
Cotton Combed 24
Seperti Cotton Combed 20, Cotton Combed 24 juga sering dijumpai pada keterangan material kaos. Hanya saja Cotton Combed 24 lebih tipis dibandingkan Cotton Combed 20. Cotton Combed 24 menghasilkan kain dengan gramasi 170 – 210 gr/m2. Jenis kain ini juga sering digunakan sebagai material pembuatan kaos.
Cotton Combed 30
Selanjutnya adalah Cotton Combed 30, untuk jenis ini akan menghasilkan kain dengan gramasi 140 – 160 gr/m2 pada jenis rajutan tunggal. Namun jika menggunakan rajutan ganda, jenis ini bisa menghasilkan kain dengan gramasi 210 – 310 gr/m2.
Itu adalah beberapa jenis kain Cotton Combed, pada intinya semakin besar angka jenis Cotton Combed menandakan kain yang lebih tipis. Jenis kain ini banyak dijumpai sebagai material kaos.
Katun Karded
Jenis kain yang selanjutnya adalah Katun Karded. Orang-orang juga sering menyebut kain ini dengan nama Cotton Carded, meskipun sama-sama jenis Cotton, Cotton Carded berbeda dengan Cotton Combed. Secara umum kedua jenis kain ini memang sama-sama sering digunakan sebagai material pembuatan kaos.
Katun Karded atau Cotton Carded memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan Cotton Combed. Tidak hanya itu saja, kaos yang dihasilkan dengan material katun karded juga akan sedikit lebih panas saat digunakan. Perbedaan ini dibedakan karena proses pembuatannya, sehingga menghasilkan kain yang berbeda.
Dari perkembangannya, ada beberapa industri yang kemudian mengembangkan Katun Karded dengan membuat Cotton Soft Carded. Kain ini lebih lembut dibandingkan katun karded biasa, terutama pada bagian dalam. Sehingga lebih nyaman saat digunakan. Jenis kain ini masih sering dijadikan sebagai material kaos.
Demikian adalah beberapa jenis dan fungsi kain yang sering digunakan, namun mungkin anda belum benar-benar paham. Jika anda rasakan lebih seksama, dari beberapa kaos anda pasti terdapat perbedaan dari kain yang menjadi material utamanya. Hal ini bisa dibedakan dari harga kaos tersebut. Dan mungkin ada salah satu busana anda yang terbuat dari kain kanvas. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda.

Jenis Kain 1 – 5

Comments

comments

You might also likeclose
X