Berbagai Jenis Kain Yang Jarang Diketahui

4
Manusia modern tidak bisa hidup lepas dari kain, kain merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Pada perkembangannya, berbagai jenis kain yang baru terus ditemukan. Hal ini tidak lepas dari berkembangnya kebutuhan manusia akan kain yang berbeda. Seperti yang sudah anda ketahui, saat ini ada begitu banyak jenis kain dengan karakteristik masing-masing.
Meskipun begitu, ada berbagi jenis kain yang jarang diketahui dan mungkin juga dengan anda. Mungkin anda sering menemukan berbagai pakaian dengan material kain tertentu, namun anda tidak memahaminya. Di bawah ini adalah berbagai jenis kain yang jarang diketahui, namun cukup sering ditemukan.
Kain Leather Suede
Jenis kain yang jarang diketahui yang pertama adalah kain Leather Suede. Sebenarnya ada perbedaan antara kain Leather dan juga Suede, meskipun keduanya sama-sama jenis kain yang terbuat dari kulit.
Kain Leather adalah jenis kain yang terbuat dari kulit bagian luar, sedangkan kain Suede terbuat dari kulit bagian dalam. Kain jenis ini sering digunakan sebagai material busana dan juga aksesorisnya. Misalnya jaket, sepatu, tas, dompet dan lain sebagainya. Jenis kulit yang digunakan untuk kain Leather Suede bermacam-macam mulai dari kulit domba, sapi, ular, buaya dan lain sebagainya. Produk yang paling banyak ditemui dari bahan kain ini adalah sepatu, tas dan dompet.
Kain D’tree
Untuk orang awam, jenis kain ini termasuk dalam jenis kain yang jarang diketahui. Secara umum kain ini adalah salah satu jenis kain berpori yang bisa menyerap keringat dengan efektif. Kain ini sering digunakan sebagai material utama pembuatan kaos olahraga, terutama untuk kaos basket.
Jarang ada pakaian umum yang menggunakan bahan dasar kain D’tree, penggunaan kain jenis ini paling sering diaplikasikan pada kaos basket. Karakteristiknya yang menyerap keringat sangat cocok untuk dijadikan sebagai kaos olahraga.
Kain Baby Terry
Sebenarnya kain jenis ini sudah cukup banyak diketahui, namun tidak semua orang awam mengetahuinya. Kain baby terry terkenal dengan kelembutan dan juga memiliki daya serap yang tinggi. Di Indonesia sendiri pada awalnya lebih mengenal kain ini dengan nama kain terry, namun di kalangan pedagang saat ini lebih mengenalnya dengan nama baby terry atau baby tray.
Pada awal kemunculannya, kain baby terry ini banyak digunakan sebagai material utama pembuatan handuk. Tidak heran karena kain jenis ini memiliki kelembutan dan juga daya serap yang tinggi, sangat cocok untuk dijadikan sebagai handuk. Selain menjadi produk handuk, kain jenis ini juga biasa dijadikan sebagai jaket. Kain yang memiliki kelembutan luar biasa ini sangat nyaman saat digunakan.
Kain Aston
Saat mendengar kata kain aston, mungkin masih sangat asing di telinga anda. Padahal kemungkinan besar anda sering menjumpai kain ini. Karakteristik utama kain ini adalah sifatnya yang licin. Oleh sebab itu, kain Aston sering digunakan sebagai jas.
Coba anda lihat koleksi jas anda, kemungkinan besar ada salah satu yang terbuat dari kain aston. Kain ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai jas, akan terlihat rapi, tidak mudah kusut, licin dan mengkilap. Selain itu ada juga beberapa produk yang menggunakan kain aston, namun tidak banyak.
Kain Rayon
Jenis kain yang jarang diketahui selanjutnya adalah kain Rayon, kain Rayon merupakan jenis serat semi sintetik yang sering digunakan sebagai material tambahan pada berbagai jenis produk kain. Tidak seperti serat sintetik lainnya yang mampu menjaga kain dari kusut, kain Rayon justru tidak terlalu ampuh dalam hal itu. Kain Rayon merupakan isolator yang baik, oleh sebab itu banyak produk kain yang kemudian menambahkan kain Rayon sebagai kain pelapis.
Kain Rayon secara umum dibedakan menjadi dua, yaitu kain Rayon Viscosa dan kain Rayon Acetat. Keduanya memiliki karakteristik yang hampir sama, namun Rayon Viscosa lebih nyaman saat digunakan.
Demikian adalah sedikit ulasan mengenai berbagai jenis kain yang jarang diketahui. Dengan pengetahuan mengenai kain yang cukup mumpuni, anda bisa memilih berbagai produk kain dengan bahan dasar kain yang sesuai. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda.

Jenis Kain 16 – 20

Comments

comments

Tagged on:                 
You might also likeclose
X