Jenis Kain Pilihan Untuk Produk Pilihan

7

Dalam kehidupan sehari-hari, anda pasti akan bersentuhan dengan kain. Kain merupakan salah satu hal yang selalu dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, bahkan 24 jam dalam sehari. Anda pasti mengenal banyak jenis kain selama ini, namun hanya sebagian saja karena terlalu banyak jenis kain untuk dihafalkan apalagi dipahami oleh orang awam.
Ada beberapa jenis kain yang memang kain original dan juga ada yang merupakan kain terapan yang merupakan perpaduan beberapa jenis kain. Berbagai jenis kain pilihan yang mungkin jarang anda temukan sebenarnya memiliki kualitas yang cukup bagus. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.
Kain Lotto
Sebelum mengetahui seperti apa kain Lotto, sebenarnya nama Lotto diambil dari nama merk Lotto yang memang cukup terkenal di dunia. Nama tersebut diambil karena memang kain Lotto memiliki bahan dan juga karakteristik yang sama dengan produk merk Lotto. Sebenarnya bahan kain Lotto adalah bahan dengan jenis jersey polyester, atau merupakan campuran dari keduanya.
Kain Lotto ini banyak digunakan untuk produk sweater dan juga pakaian berbau olahraga, kain jenis ini terlihat sporti dan juga elegan. Karakteristik lain dari kain Lotto adalah ringan dan lembut, sehingga sangat nyaman saat digunakan. Bahkan banyak tim sepakbola yang menggunakan bahan kain seperti ini untuk produk jaketnya.
Kain Drill
Jenis kain yang selanjutnya adalah kain drill, kain drill merupakan jenis kain yang dipintal secara miring atau diagonal dan masing-masing benang terjalin dengan kuat. Kain ini sering digunakan sebagai bahan kemeja, blus atau jaket. Kain drill original berwarna mirip dengan debu, oleh karen itu pada sejarahnya kain drill digunakan sebagai bahan seragam tentara pada jaman dulu dengan tujuan kamuflase.
Jenis kain drill juga cukup banyak, biasanya dibedakan dengan tingkat ketebalannya. Masing-masing kain drill dengan ketebalan yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda pula. Seperti kain drill tebal yang sering digunakan sebagai bahan pakaian juru masak.
Kain Tessa
Kain yang masuk dalam pembahasan selanjutnya adalah kain Tessa. Kain Tessa merupakan jenis kain yang memiliki tekstur halus dan juga tebal, selain itu kain tessa juga tidak mudah kusut. Kain tessa biasa digunakan untuk pembuatan jaket dengan desain menyerupai jas.
Dengan kain tessa, harga jaket atau jas akan lebih murah dibandingkan dengan jas dengan bahan lain pada umumnya. Kain tessa bisa menjadi pilihan karena halus, tidak mudah kusut dan sangat nyaman untuk digunakan.
Kain Serena
Kain serena merupakan jenis kain yang tidak terlalu populer di kalangan masyarakat awam. Kain serena sendiri merupakan jenis kain yang memiliki tekstur lembut dan padat. Kain ini sebenarnya mirip dengan jersey dan sering digunakan sebagai seragam olahraga. Kain ini terbuat dengan bahan campuran nylon, kain serena juga memiliki nilai stretch yang tinggi sehingga mudah pada saat pencucian.
Kain serena juga sering digunakan sebagai bahan material untuk olahraga dengan gerakan yang cukup mobile. Bahan kain jenis ini merupakan salah satu jenis kain yang diproses menggunakan teknologi tinggi sehingga menghasilkan kain yang berkualitas tinggi juga. Jenis kain ini adalah kain yang cocok untuk disablon, namun kurang cocok untuk dilakukan pembordiran, ini karena kain serena cukup tipis.
Kain Polyester
Jenis kain yang selanjutnya adalah kain polyester atau sering juga disebut dengan nama kain PE. Kain polyester merupakan jenis kain sintetis yang terbuat dari bahan serat buatan, dengan kata lain tidak tersedia di alam. Jenis kain ini sangat cocok untuk kaos olahraga, terutama untuk kaos sepak bola. Kain jenis ini tidak mudah menyusut dan tahan air, serta lebih cepat kering saat dijemur, bisa dikatakan jika kain Polyester ini memiliki kualitas yang cukup baik. Kain polyester bisa dijadikan sebagai pilihan untuk anda yang ingin memakai kain yang ringan dan tidak mudah kusut.
Demikian adalah beberapa jenis kain pilihan yang biasa digunakan sebagai bahan material untuk produk-produk pilihan. Selain beberapa jenis kain di atas, masih ada banyak jenis kain yang lainnya. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda.

Comments

comments